3 Manfaat Melalui Rutinitas Mengkonsumsi Kopi Tanpa Gula

3 Manfaat Melalui Rutinitas Mengkonsumsi Kopi Tanpa Gula

Kopi tanpa gula merupakan sajian kopi yang terbaik. Penyebabnya, cita rasanya akan terseduh  maksimal, tanpa adanya gangguan dari pemanis tambahan. Suhu air yang tepat akan membantu kopi mengeluarkan ekstraknya sehingga rasanya yang khas akan berpadu.

Rutinitas Mengkonsumsi Kopi Tanpa Gula

Rutinitas mengkonsumsi kopi tanpa gula dipercaya dapat meningkatkan mood dan cara kerja otak. Tak disangkal, mungkin inilah salah satu penyebab yang menjadi alasan mengapa pada  waktu-waktu penting di jam kantor banyak yang mengkonsumsinya.

Kopi dapat Meningkatkan Kewaspadaan

Jika diperhatikan, banyak pekerja yang harus menyelesaikan tanggung jawabnya, menyandarkan semangatnya pada secangkir kopi. Di tengah-tengah proses penyelesaian, sering kali ditemani dengan secangkir kopi hitam tanpa gula.

Ternyata, kafein lah yang bertanggung jawab pada proses tersebut. Zat ini bekerja dengan cara merangsang sistem saraf pusat yang berada di otak yang kemudian membuat otak melepaskan dopamin serta serotonin.

Dopamin dan serotonin merupakan hormon yang bertanggung jawab terhadap emosi, konsentrasi dan sensasi pada tubuh. Itulah alasan mengapa secangkir kopi hitam dapat membantu seseorang menyelesaikan pekerjaan yang berat.

Selain itu pula, kopi memiliki efek membangunkan atau membuat seseorang menjadi waspada, Dopamin juga memiliki fungsi sebagai neurotransmitter yang berhubungan dengan rasa senang, oleh karenanya setelah meminum secangkir kopi, biasanya tubuh akan menjadi lebih baik.

Kopi dapat Membantu Meningkatkan Keberanian

Secangkir kopi tanpa gula dapat membantu Anda untuk meningkatkan keberanian. Pasalnya kafein dalam kopi dapat membantu melepaskan hormon adrenalin dan norepinefrin yang mampu meningkatkan keberanian.

Oleh karena itu, biasanya setelah meminum kopi, tingkat kewaspadaan dan keberanian Anda akan bertambah, sehingga mampu menyelesaikan tanggung jawab dengan baik. Sebagian besar pekerja dengan beban tinggi memiliki produktivitas lebih baik ketika menuntaskan pekerjaannya dibarengi dengan secangkir kopi.

Kopi Berpotensi Menurunkan Tingkat Depresi

Kadar asupan kafein yang tepat dari beberapa cangkir kopi ternyata dapat membantu menurunkan depresi. Penyebabnya adalah zat tersebut dapat mencegah reseptor otak untuk berespon terhadap situasi stress yang dihadapi oleh mereka yang menyukai kopi.

Konsumsi kopi dalam jumlah yang tepat, antara lain 2-3 cangkir per hari akan menurunkan risiko depresi sebesar 5 persen.Sementara yang mengkonsumsi 4 cangkir atau lebih, memiliki risiko sebesar 20 persen lebih sedikit kemungkinan mengalaminya.

Namun, mengkonsumsi kopi secara berlebih juga dapat memberikan efek yang buruk bagi tubuh. Meminumnya lebih dari 4 cangkir sehari atau lebih dari 400 mg kafein dapat menimbulkan efek jantung berdebar, gelisah, gugup, mudah marah, serta tremor pada otot.

Mengkonsumsi kopi tanpa gula dalam takaran yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan efek positifnya. Namun, selalu perhatikanlah gejala yang diberikan oleh tubuh ketika Anda mengkonsumsinya, agar tidak berlebih dan malah mengganggu kesehatan.