Cara Mengatasi Balita Susah Makan yang Wajib Dicoba

4 Cara Mengatasi Balita Susah Makan yang Wajib Dicoba

Balita yang sulit makan menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua bagi kaum ibu yang biasanya bertanggung jawab untuk menyiapkan konsumsi hariannya. Ibu wajib memutar otak  untuk mencari cara mengatasi balita susah makan.

Seringkali balita menggunakan aksi tutup mulut ketika akan makan sebagai salah satu manifestasi untuk menunjukkan bahwa ia tidak ingin makan. Hal ini tentu menuntut kesabaran yang tinggi dari ibu.

Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Menghadapi anak balita yang sedang mengalami susah makan memang memerlukan kesabaran tersendiri. Alasannya seringkali juga diiringi dengan perubahan tingkah laku ketika akan makan misalnya mencari perhatian dengan cara menangis atau menolak makanan yang disajikan.

Jika dipaksa bisa saja balita lari keluar rumah bersembunyi atau bahkan melakukan gerakan tutup mulut. Tentu saja ini akan menyulitkan bagi ibu sebab balita amat jarang dapat mengungkapkan apa yang menjadi keinginan.

Memiliki Pola Makan yang Sama

Salah satu cara mengatasi balita yang susah makan adalah dengan tetap memberikan makanan pada waktu yang telah ditentukan.  Dengan demikian balita akan tetap mengetahui bahwa jika ia menolak makan pun tetap harus mengonsumsi sajian yang diberikan Ibu pada waktu yang sama.

Jangan pernah memberikan makanan pada waktu yang berbeda dengan alasan ia menolaknya. Sebab dengan begitu Anda sama saja mengajarkan untuk tidak patuh terhadap waktu makan. Jika hal ini dibiarkan maka balita akan semakin sering mengabaikan waktu makan yang tepat.

Jangan Memberikan Sajian  yang Manis

Jangan memberi makan balita kudapan yang terasa manis sebab dapat mendorong untuk mengkonsumsinya kembali.  Dengan demikian balita tidak akan merasakan lapar  pada saat jam makan besar sebab sudah terpenuhi oleh snack tersebut.

Berikan Porsi Susu Sesuai dengan Kebutuhan

Orangtua disarankan untuk memberikan porsi susu sesuai dengan kebutuhan balita. Bukan karena ia tidak ingin mengkonsumsi makanan besar dalam jumlah tertentu. Pasalnya semakin sering anak mengkonsumsi minuman susu maka, akan semakin jarang terasa lapar. Karena susu dapat membuat menunda rasa lapar

Menyediakan Suasana yang Menyenangkan

Beri kesempatan balita untuk makan dalam suasana yang menyenangkan.  biasanya disajikan dengan berbagai macam menu favoritnya menggunakan warna-warna yang menarik serta dibentuk dengan pola kesukaan.

Sambil makan besar,  ibu juga dapat memperdengarkan lagu-lagu yang menjadi kesukaan balita sehingga ia merasa pada saat makan dapat merasakan tenang. Jika memungkinkan anak tersebut dapat mengajak anak tersebut berkomunikasi dalam bahasa yang sederhana.

Cara mengatasi balita yang susah makan adalah dengan memperhatikan apa yang ia sukai.  Misalnya memberikan menu kesukaan atau menyuapinya dalam keadaan yang menyenangkan. Bisa juga dengan membiarkan balita mengekspor makanannya juga merupakan salah satu cara yang ampuh yang dapat Anda gunakan.