5 Langkah Mempersiapkan Anak Sehat Sejak Dalam Kandungan

5 Langkah Mempersiapkan Anak Sehat Sejak Dalam Kandungan

Table of Contents

Memiliki anak sehat merupakan idaman setiap pasangan suami istri. Apa pun dilakukan agar si kecil lahir dalam keadaan yang sempurna. Lalu, bagaimana mempersiapkan kelahiran agar semua berjalan sesuai dengan harapan?

Mempersiapkan Anak Sehat

Memiliki anak sehat tidak dapat terjadi dalam semalam, tetapi semua prosesnya sudah dipersiapkan bahkan sebelum calon janin dikandung. Pasalnya, janin akan berkemabang dan bertumbuh sempurna, ketika ibu dan ayah menyiapkan diri menjadi orang tua terbaik.

Kecukupan Nutrisi Calon Ibu

Masa kehamilan merupakan masa yang cukup penting, karena ibu memerlukan gizi yang cukup untuk menunjang sebuah kehidupan baru. Janin akan berkembang pesat, jika seluruh nutrisi yang ia butuhkan terpenuhi. Oleh karenanya, ibu pun harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang dibutuhkan.

Jika selama kehamilan, seluruh nutrisi tersebut tidak terpenuhi, maka berat badan bayi akan lahir rendah, tidak sehat, dan bisa ada mengalami gangguan. Ibu pun akan berpotensi mengalami malnutrisi. Padahal sesudah proses melahirkan masih diteruskan dengan proses menyusui dan lain sebagainya.

Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dilihat dari kandungan protein, kalsium, dan mineral yang ada. Sehingga, sebaiknya ibu hamil memilih makanan yang akan dikonsumsinya agar mendukung pertumbuhan bayi dan kesehatannya sendiri.

Hindari Mengkonsumsi Kafein dan Alkohol

Kafein dan alkohol merupakan kandungan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya dalam menghambat pertumbuhan bayi. Selain itu pula, risiko bayi lahir cacat dan memiliki keterbelakangan mental akan semakin tinggi. Sementara waktu, konsumsilah air putih dalam jumlah yang disarankan.

Olahraga Secara Teratur

Ibu hamil pun perlu berolahraga agar tubuh menjadi fit ketika kehamilan semakin membesar. namun, perlu diperhatikan jenis olahraga dan kehamilannya apakah berisiko atau tidak.

Hindari olahraga yang dapat meningkatkan risiko keguguran, seperti push up, sit up, dan aerobik. Lakukanlah aktivitas khusus ibu hamil, seperti berenang, yoga, atau senam hamil. Dengan demikian, selama kehamilan ibu tetap dapat bugar dan sehat.

Tingkatkan Kualitas Tidur

Ibu hamil memerlukan waktu tidur yang lebih panjang dibandingkan kebutuhan normal. Tidur yang berkualitas dapat memulihkan tenaganya dan terhindar dari kelelahan. Usahakan untuk tidur yang nyenyak tanpa gangguan dan dalam keadaan nyaman.

Hindari Produk yang Mengandung Bahan Kimia

Paparan bahan kimia dapat meningkatkan risiko cacat pada janin. Hindari penggunaan produk yang mengandung merkuri, AHA, retinoid, dan lain sebagainya. Konsultasikanlah pada dokter kandungan mengenai bahan aktif pada make up yang Anda gunakan sehari hari.

Anda dapat mengganti rutinitas penggunaan perawatan wajah dengan bahan-bahan yang alami. Bisa juga dengan mengganti produk perawatan dengan kandungan bahan aktif yang aman bagi ibu hamil.

Mendampingi tumbuh kembang anak sehat sudah dimulai dari sebelum kehamilan. Dengan demikian buah hati akan tumbuh dengan optimal serta meraih masa depan cemerlang.