54

Cara membaca nominal uang

Table of Contents

Nominal uang berarti nilai uang yang tertera dalam instrumen keuangan dan mata uang.

Tentu kita semua sudah paham bahwa manusia untuk hidup pasti membutuhkan uang. Uang adalah sistem pertukaran yang telah diakui oleh suatu negara dan bahkan beberapa mata uang negara-negara maju telah menjadi mata uang yang lazim digunakan lintas negara. Sebut saja dollar Amerika, dollar Australia, Poundstering Inggris, dan Euro.

 

Penting bagi kita untuk mengenali mata uang dan cara membaca nominal uang khususnya jika anda akan bepergian ke luar negeri. Penulisan nilai mata uang rupiah adalah dengan menggunakan singkatan sehingga kata “rupiah” menjadi “Rp.” Meskipun telah mengalami penyingkatan, akan tetapi cara melafalkan (membaca) tetap pada istilah semula yakni “rupiah.” Langkah-langkah penulisannya adalah sebagai berikut :

  • Rp dituliskan tanpa ada tanda baca titik (.) setelahnya. Kemudian nominal angka dituliskan setelah “Rp,”
  • Setelah menuliskan nominal angka, selanjutnya bubuhkan tanda baca koma (,).
  • tuliskan dua angka nol (0) setelah tanda baca koma (,)

catatan : dua angka nol setelah tanda baca koma (,) menunjukkan nilai desima yang didasarkan pada nilai tukar mata uang. Misalnya saja nilai rupiah dengan 1 dollar Amerika yakni Rp Rp13.345, 34. Dua digit angka dibelakang koma tersebut dapat diwujudkan ke dalam nilai rupiah dengan disediakannya dua angka nol setelah nominal dan tanda baca koma.

Walaupun di Indonesia tidak dapat mengeluarkan pecahan uang dalam bentuk desimal, akan tetapi suku bunga yang ada selalu menggunakan dua angka dibelakang koma (desimal). Sehingga nantinya akan dibulatkan menuju angka yang mendekati nominal. Perhatikan contoh penulisan nilai mata uang rupiah berikut :

  • Rp 5000.000,00 (salah)
    Penjelasan :
    Setelah “Rp” tidak perlu diberi spasi

 

Cara Membaca Nominal Uang

  1. 000.000, dibaca satu juta rupiah.
  2. 100.000, dibaca satu juta seratus ribu rupiah.
  3. 850.000, dibaca satu juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah.
  4. 652.000, dibaca tiga juta enam ratus lima puluh dua ribu rupiah.
  5. 740.000, dibaca sembilan juta tujuh ratus empat puluh ribu rupiah.