Cara Mengajari Anak Menulis Agar Lebih Cepat Membaca

Cara Mengajari Anak Menulis Agar Lebih Cepat Membaca

Salah satu tahapan dari tumbuh kembang anak adalah lancer membaca dan menulis. Cara mengajarkan anak menulis dan membaca seperti yang sudah kita ketahui sangatlah tidak mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan agar bisa membuat anak belajar dengan cepat. Menjadi orang tua memanglah perihal yang susah karena masa depan anak berada di tangan kita. Dan mendampingi anak agar berhasil di setiap fase pertumbuhannya adalah perihal yang tidaklah mudah. Akan tetapi saat ini tentunya sudah banyak bantuan yang dapat orang tua lakukan untuk memudahkan dalam mendidik anak. Cara mengajarkan kepada anak membaca dan menulispun juga ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar anak semakin semangat ketika belajar.

Pastikan anak dilibatkan dalam kegiatan kecil sekalipun

Agar anak cepat dalam menghafal bentuk dan nama – nama huruf anda dapat mengajaknya untuk terlibat dalam beberapa kegiatan seperti menulis daftar belanja dengan cara pembagian tugasnya. Mintalah anak menuliskan nama – nama snack favoritnya agar ia merasa tertarik dan mau melakukannya. Anda sebagai orang tua juga dapat melatih dengan memberikan pesan kepada kakak atau ayah agar lekas sembuh di kala masa sakitnya.

Sering  seringlah mengajaknya berkomunikasi

Kunci sukses dalam mengajari anak menulis dan membaca adalah dengan sering mengajaknya berkomunikasi. Anda bisa menanyakan perihal kesulitan apa yang anak rasakan selama pembelajaran menulis. Tanyakan apa ada hal yang mengganjal dan perlu disampaikan dan buat ia merasa senyaman mungkin untuk bercerita.

Gunakan metode menulis dengan cara trace the dot

Salah satu metode dalam cara mengajarkan anak menulis dan membaca adalah dengan menebalkan huruf. Cara ini akan membantu anak agar mudah dalam mengenali hurup dari bentuk capital maupun huruf kecil. Selain itu anda juga dapat membuat polanya sendiri dengan manual.

Anda dapat menulis huruf satu – satu dengan bentuk dari garis putus – putus kemudian suruh anak untuk mulai menebalkan dengan cara mengikuti polanya. Apabila tidak anda dapat membeli buku semacam ini di toko buku sudah tersedia banyak.

Ajari dengan bermain suku kata

Ketika mengajari anak untuk dapat membaca dan menulis memberitahu tentang suku kata sangatlah penting. Proses mengajarkan anak agar dapat menulis dan membaca juga semakin menyenangkan apabila ada variasi permainan. Oleh karena itu anda dapat mencoba mengkombinasikan dengan mengajaknya bermain suku kata mulai dari topik yang dia suka kemudian ke hal kecil lainnya.

Ajari dengan penuh rasa sabar

Terakhir dalam mengajari anak menulis adalah dengan menghadirkan sosok yang sabar. Hal ini karena membuat nyaman anak berlama – lama dalam belajar adalah perihal yang susah. Membuat focus anak bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan usaha besar dan kesabaran agar anak mau menuruti perintah yang diberikan oleh orang tua. Daya tangkap setiap anak berbeda – beda sehingga ketika anda mendampingi anak ketika belajar haruslah extra sabar. Jangan terlalu membuat ia tertekan dan berpikir terlalu keras. buat ia merasa sangat nyaman dan menyenangkan ketika belajar dengan anda.

Nah itulah beberapa cara mengajarkan anak menulis dan membaca yang dapat anda praktekan sendiri di rumah. Dengan kesabaran yang ekstra dan kreativitas yang tinggi dari ibu tentunya akan membuat anak lebih semangat dalam belajar.