Jenis jenis Makanan Kucing Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-jenis Makanan Kucing Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pernahkah kamu berpikir untuk memberi makan kucingmu dengan sisa tulang? Kucing memerlukan asupan nutrisi yang seimbang setiap harinya. Terdapat banyak jenis makanan kucing yang baik dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk mereka.

Pemberian sisa tulang untuk kucing tentu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucingmu. Karena itu, kamu harus membeli atau mengolah makanan khusus kucing agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Kamu bisa mencari resep di internet apabila ingin mengolah makanan kucing sendiri. Atau jika tidak mau riibet, kamu bisa langsung saja membeli makanan kucing yang sudah tersedia di pasaran.

Jenis Makanan Kucing

Perlu kamu ketahui, bahwa jenis makanan kucing pastinya beragam. Semua jenis yang dijual di pasaran biasanya dibanderol dengan harga yang berbeda-beda., sesuai dengan kualitas makanan itu sendiri. Baiklah, berikut 3 jenis makanan kucing yang bisa kamu pilih lengkap dengan kekurangan serta kelebihannya.

Wet Food atau Makanan Basah

Salah satu jenis makanan kucing yaitu wet food atau makanan basah. Makanan ini bagus untuk kucing yang jarang mengonsumsi air. Ya, wet food mengandung 50 persen air sehingga bisa membantu kucing mu tetap terhidrasi, mengingat air sangat penting untuk menjaga pencernaaan dan metabolisme tubuhnya.

Kelebihan Wet Food

Selain mengandung 50 persen air, wet food memiliki aroma yang sudah pasti menarik perhatian kucing. Wet food juga jauh lebih sehat karena tidak mengandung tepung yang kemungkinan menyebabkan obesitas. Makanan yang basah juga pastinya lebih lembut, sehingga cocok untuk kucing yang sudah tua.

Kekurangan

Makanan yang basah dianggap kurang praktis karena harus disimpan di kulkas setelah dibuka kemasannya. Makanan ini juga berpotensi mengalami pembusukan apabila disimpan diluar.

Dry Food atau Makanan Kering

Nah, selain makanan basah, kucing juga biasanya diberi makanan kering atau biasa disebut dry food. Kira-kira apa ya kelebihan dan kekurangan dari dry food? Berikut penjelasannya.

Kelebihan

Jenis makanan kucing kering tentunya lebih praktis, kamu bisa menyimpannya pada wadah biasa karena ia tidak akan cepat membusuk.

Tekstur yang keras pada makanan jenis ini mampu melatih gigi kucing supaya lebih kuat dan tajam. Selain itu, makanan ini juga terbukti mengandung nutrisi yang cukup berkualitas meski dibanderol dengan harga yang terbilang murah. Rasa dan aroma yang lezat juga tentunya membuat dry food disukai oleh para kucing.

Kekurangan

Meski mengandung nutrisi yang cukup, makanan kering tidak cukup baik apabila dijadikan makanan utama tanpa pengawasan. Hal ini karena dry food dibuat dari campuran tepung yang bisa menimbulkan potensi obesitas pada kucing akibat terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat.

Janis makanan kucing ini juga dapat memicu penyakit pada ginjal dan saluran kemih apabila tidak diseimbangkan dengan asupan air atau minum yang cukup.