Pentingnya Memahami Tekstur Makanan Bayi Saat Pemberian MPASI

Pentingnya Memahami Tekstur Makanan Bayi Saat Pemberian MPASI

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) merekomendasikan pemberian MPASI setelah usia 6 bulan dan terus menyusui sampai anak berusia dua tahun. Artinya, pada saat bayi berusia 6 bulan, ia harus memiliki sumber suplai lain selain ASI dengan tekstur makanan bayi yang sesuai dengan usianya.

Usia Ideal Untuk Pemberian MPASI

Karena pada usia ini, tubuh bayi cenderung membutuhkan energi ekstra yang tidak dapat diberikan oleh ASI saja. Waktu yang ideal untuk memperkenalkan makanan padat adalah saat bayi berusia tepat 6 bulan, namun beberapa kondisi memungkinkan makanan padat harus diperkenalkan saat bayi berusia 4-5 bulan. Seperti berat badan bayi tidak bertambah atau masalah kesehatan lainnya.

Namun, tentunya perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak atau ahli gizi sebelum memberikan makanan padat pada bayi di bawah 6 bulan. Usia yang dianjurkan untuk pemberian makanan pendamping ASI bukan tanpa alasan. Dikatakan bahwa tubuh bayi berusia 6 bulan sangat siap untuk mulai menerima makanan selain ASI.

Dari persiapan fisik, pencernaan, keterampilan motorik pada usia 6 bulan, bayi Anda dapat menggenggam benda dengan tangannya secara mekanis dan memiliki kemampuan untuk mengontrol kepalanya. Menilai kesiapan sistem pencernaan bayi, lambung dan usus dianggap siap mencerna makanan pada usia ini.

Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

Memang, menyiapkan makanan padat pertama untuk bayi adalah tugas yang sulit. Karena bentuk, variasi, dan jenis makanan Anda harus menyesuaikan dengan usia anak termasuk tekstur makanan bayi. Selama dua minggu pertama setelah pemberian makanan pendamping ASI, makanan yang disajikan harus dihancurkan atau dihaluskan. Selain itu, anak juga dianjurkan untuk hanya menerima satu jenis makanan selama tahap awal ini.

Sebaiknya beri jeda setidaknya tiga hari sebelum mengubah menu MPASI. Tujuannya untuk melihat apakah anak alergi terhadap makanan tertentu. Setelah dua minggu, Anda dapat mencoba mencampur makanan, seperti menyajikan makanan mengandung karbohidrat, hidangan hewani, lauk nabati, sayuran, dan buah-buahan.

Kemudian, saat bayi memasuki usia 9 hingga 12 bulan, bentuk makanan padat akan mulai berubah. Bayi membutuhkan makanan bertekstur kasar daripada makanan padat bertekstur lembut dan halus. Karena pada usia tersebut, penyuntikan MPASI ditujukan untuk merangsang tumbuh gigi bayi. Dengan demikian, tekstur makanan yang dimasukkan ke dalam mulut harus disesuaikan.

Disarankan untuk mengubah tekstur makanan bayi saat bayi berusia 12 bulan. Pada usia ini, anak-anak harus terbiasa makan makanan rumahan yang dipotong-potong atau dicincang. Jadi, kalau misalnya ibu makan, makanan ini juga diberikan kepada bayi. Tapi harus disajikan dengan cara dipotong kecil-kecil atau dicincang. Untuk persiapan MPASI pertama hingga si kecil dewasa, bisa diberikan Nestle Cerelac yang kaya akan nutrisi lengkap.