default featured image

Perhatikan Hal Ini Jika Anda Ingin Memelihara Ikan Dalam Aquarium

7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Menarik untuk Dipelihara
source gambar : idntimes.com

Memelihara ikan didalam akuarium ternyata bisa jadi kegiatan yang sangatlah menyenangkan. Hal ini telah terbukti dalam sebuah penelitian jika memelihara sebuah ikan hias ini bisa mengurangi stress. Ketika ingin merawat ikan hias di kolan dan juga di akuarium pastinya cukup berbeda dari berbagai hal. Bagi Anda yang baru pertama kali ingin memelihara ikan pastinya Anda ini punya berbagai pertanyaan mengenai bagaimana cara perawatan yang benar supaya tetap terlihat indah, pada kesempatan kali ini yuk mari kita bahas secara lengkap.

  • Jenis¬†ikan

Hal pertama adalah mengenai jenis ikan yang dipelihara, saat memelihara ikan dalam aquarium sebaiknya pilih ikan jenis air tawar, karena cara memeliharanya jauh lebih mudah. Jenis ikan air tawar yang bisa Anda pilih adalah ikan arwana, ikan louhan, ikan guppy, ikan cupang, ikan mas koki, atau jenis ikan lainnya. Ikan ikan tersebut adalah ikan yang paling sering di pelihara di dalam aquarium. Saat ingin memelihara berbagai jenis ikan dalam satu aquarium Anda harus bisa memastikan jika semua ikan tersebut bisa hidup berbaur bersamaan.

  • Ukuran akuarium

Selanjutnya adalah mengenai ukuran dari akuarium, hal ini cukup penting untuk di perhatikan. Sangat penting bagi Anda untuk menyesuaikan akuarium dengan ukuran ikan yang akan Anda pelihara, jangan sampai Anda memilih ukuran aquarium yang terlalu kecil untuk ikan. Hal tersebut bisa membuat ikan jadi merasa sesak dan juga mudah mati. Posisi menyimpan aquarium juga cukup penting, pastikan aquarium Anda tidak terkena cahaya matahari secara langsung, jangan juga simpan aquarium Anda dekat sumber panas.

  • Pemilihan jenis serta kualitas air

Kualitas ini merupakan salah satu hal yang cukup penting saat memelihara ikan hias. Selain itu kondisi air yang bagus juga bisa membuat ikan hias Anda jadi jauh lebih sehat. Jika kondisi air dalam aquarium Anda tidak baik maka bisa membuat kesehatan ikan jadi terganggu. Saat Anda menggunakan air yang biasa Anda pakai di rumah coba endapkan dulu air, dang anti secara rutin minimal 2 atau 3 minggu sekali air dalam aquarium, hal ini guna menjaga kondisi air dalam aquarium jadi tetap bagus.

  • Pakan ikan hias

Makanan untuk ikan hias juga tidak kalah penting, untuk membeli pakan ikan ini juga cukup mudah Anda bisa langsung membelinya di toko khusu penyedia pakan.  Pilihlahh pakan ikan yang memiliki kandungan protein yan tinggi karena bisa membuat ikan tetap sehat. Saat memberi makan juga porsinya harus Anda perhatikan, beri makan ikan sebanyak 2 kali dalam satu hari. Jangan berikan pakan secara berlebihan ya karena hal ini bisa membuat air di aquarium jadi kotor dan keruh.

  • Perawatan akuarium

Rutin mengganti air aquarium juga sangatlah penting, hal ini bisa membuat ikan jadi sehat dan aquarium juga jadi enak dilihat karena airnya jernih. Saat mengganti air dalam aquarium juga sebaiknya sisihkan 25% air sebelumnya ya sebelum di tambahkan dengan air yang baru. Setelah mengganti air Anda juga bisa menggunakan kapas filter supaya air tidak mudah keruh.

Nah itu dia beberapa hal yang wajib untuk Anda perhatikan sebelum Anda memutuskan untuk memelihara ikan didalam aquarium. Memelihara ikan di aquarium ini tidaklah sulit yang paling penting Anda tetap rajin mengganti airnya secara rutin. Semoga info di atas bisa membantu Anda ya!