Sunnah yang Dilakukan Muslim saat Adzan Berkumandang

Sunnah yang Dilakukan Muslim saat Adzan Berkumandang

Adzan adalah salah satu elemen penting dan bagian utama dari Agama Islam. Tujuannya sangat baik, yaitu untuk mengingatkan para Umat Muslim bahwa telah memasuki waktu sholat. Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat mendengar adzan, salah satunya melakukan doa setelah adzan, selain apa saja? Simak penjelasannya berikut.

1. Mengulangi Kalimat Adzan

Sebagai seorang muslim, kita memiliki kewajiban untuk menanggapi adzan dengan cara yang benar dan sesuai dengan ajaran Agama Islam. Salah satunya adalah dengan mengulangi kata atau kalimat adzan. Orang yang menjawab panggilan adzan disebut Muawiyah, dan yang melakukan adzan adalah Muadzin. Jadi, Anda harus ingat peran pertama ini sebagai seorang Muawiyah.

2. Memanjatkan Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Saat setelah adzan selesai, sebagai seorang muawiyah, Anda disunnahkan untuk mengucap kalimat shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sunnah ini telah tertulis dalam hadist-hadist yang menjelaskan bahwa, siapapun yang mengirimkan sholawat maka Allah akan mengirimkan pahala sholat sepuluh kali lipat (HR. Muslim).

3 Do’a setelah Adzan

Sunnah selanjutnya sebagai seorang Muawiyah adalah mengucapkan doa setelah adzan. Sebagai seorang muslim tentu Anda sudah mengatahui bukan bagaimana doa-nya. Doa ini telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, dan siapapun yang melafatkannya akan diberikan syafaat oleh Rasulullah pada saat hari kiamat kelak.

4. Membaca Syahadat

Amalan Sunnah selanjutnya adalah membaca syahadat. Mengakui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan dan satu-satunya pencipta alam semesta, serta Nabi Muhammad adalah utusan Allah SWT (HR. Muslim). Membaca syahadat adalah rukun islam, dan selalu mengucap syahadat akan membuat Anda menjadi lebih tenang dan selalu berada dalam lindungan-Nya.

5. Perbanyak Doa kepada Allah

Setelah melakukan keempat Sunnah di atas, selanjutnya Anda bisa mengucapkan doa pribadi kepada Allah SWT yang maha penyayang dan maha pengasih. Terdapat waktu-waktu yang diijabah oleh Allah SWT, dan salah satunya adalah saat setelah adzan. Anda bisa melakukannya meskipun sedang di rumah jika tidak bisa berangkat ke masjid.

Jangan lupa untuk segera mengambil wudhu dan bersiap untuk melaksanakan sholat. Sembari menunggu iqomah, Anda juga disunnahkan untuk melaksanakan sholat Sunnah dua rokaat. Amalan ini bisa Anda lakukan di rumah, jika memang tidak bisa ke masjid karena adanya halangan.

Selalu hargai saat mendengar Adzan, jika sedang berbicara, hentikan sejenak dan mulailah untuk menjawabnya. Jika sedang melakukan aktivitas, hentikan sejenak, untuk menghormati suara Adzan dan segera mengambil wudhu.

Itulah tadi beberapa Sunnah yang bisa Anda amalkan saat mendengar Adzan. Jika Anda memerlukan jadwal sholat agar tidak ketinggalan, Anda bisa langsung saja cek di Orami. Di sana, Anda bisa melihat waktu sholat di seluruh Indonesia. Jadi, dimanapun Anda berada, Anda bisa mengetahui waktu sholat yang tepat.