Tips Beli Toyota Innova dengan Bensin dan Diesel

Tips Beli Toyota Innova dengan Bensin dan Diesel

Toyota Innova merupakan salah satu merek kendaraan paling populer di Indonesia. Masuk dalam jajaran kelas menengah, Innova punya dimensi, interior dan eksterior mumpuni dan membuatnya terus bertahan di pasar otomotif hingga saat ini. Ini adalah opsi Multi Vehicle Purpose (MPV) yang bahkan menjadi favorit banyak masyarakat, angka penjualan baru hingga bekas jelas berpengaruh.

Secara performa, produksi Toyota ini sangat cocok menjadi kendaraan keluarga karena seat dan bagasinya memadai. Pun juga digunakan sebagai kendaraan dinas karena memuat lebih banyak penumpang maupun barang. Ada dua tipe bahan bakar pada Innova yakni solar dan bensin. Keduanya, mempunyai kelebihan maupun kelemahan pada porsi masing-masing sehingga perlu dikenali sebelum membeli.

Tips Membeli Innova berdasarkan Mesin

Sekadar diketahui, Innova menjadi regenerasi khusus Toyota Kijang yang sangat populer pada era 1900-an. Ketika itu, Kijang menjadi primadona karena memiliki performa mesin unggul untuk jarak tempuh jauh. Berbeda dengan kebanyakan yang dibuka ke samping, mobil Kijang saat itu bisa diangkat ke atas. Barulah pada 2004, inovasi dikembangkan dengan tampilan yang jauh lebih mewah.

Jika Anda tertarik membeli kendaraan ini ada beberapa tips sebagai bahan pertimbangan terutama soal mesin. Tips ini akan memberi Anda usulan mengenai untung rugi pra pembelian untuk kedua jenis tersedia. Berikut ini penjelasannya:

Bahan Diesel

Sejumlah tipe baik itu reborn ataupun generasi pertama, salah satu keunggulannya yakni konsumen lebih bebas dalam memilih versi sesuai keinginan dan kebutuhan mereka. Innova yang menggunakan bahan bakar diesel misalnya, dipatok dengan harga cukup mahal dibanding lainnya. Alasannya, karena sistem bahan bakar tersebut lebih irit sementara torsinya lebih besar.

Sebagai gambaran pada generasi pertama misalnya, dibekali mesin 2.5 L menggunakan sistem induksi pada turbo. Kapasitas ini membuat performa MPV tak bisa diragukan saat melalui berbagai medan. Mesin 2KD-FTV yang juga berbahan bakar diesel dapat menghadirkan sampai 102 PS ditambah torsi maksimal 260 Nm.

Pada penggunaannya, mesin diesel umumnya digunakan sebagai kendaraan operasional dengan tingkat penggunaan tinggi. Oleh karena itu, angka di odometer cenderung tinggi bahkan berpotensi terjadi kebocoran mesin maupun adanya gangguan pada area kaki. Kondisi ini tentu bisa dihindari dengan perawatan optimal maupun pengecekan mesin secara rutin.

Angka penjualan ini terbilang tinggi, baik baru maupun bekas. Bahkan, sangat sulit menemui jenis kendaraan ini di bursa mobil bekas untuk waktu yang lama karena tingginya angka peminat. Di sisi lain, harga jual kembali kendaraan tipe ini sangat stabil sehingga cukup menguntungkan bagi pemiliknya baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Hal ini juga tak terlepas dari budaya belanja otomotif di Indonesia dimana persoalan diesel dengan harga tinggi terus diminati. Pandangannya, harga bekas akan tetap stabil di luar dari faktor lain yang memengaruhi.

Bahan Bensin

Berikutnya untuk Innova dengan bahan bensin, keunggulannya tentu akan lebih murah jika dibandingkan dengan bahan bakar solar maupun diesel. Tak heran, jika tipe ini lebih banyak dipilih lantaran dinilai lebih ekonomis, mudah dicari, knalpot yang lebih bersih hingga minim getaran. Secara keseluruhan, tipe ini memiliki banyak keunggulan soal performa dan efisiensi.

Pada perkembangannya, mesin 2.0L dapat menghadirkan tenaga sampai 136 PS serta torsi maksimal sampai sebesar 190 Nm. Beda halnya dengan mesin 2.7 L yang dikembangkan pada tahun berikutnya, lantaran tenaganya bisa mencapai 160 PS serta torsi puncak mencapai 246 Nm.

Seiring waktu pula, Toyota terus melakukan peningkatan pada kapasitas mesin termasuk Dual VVT-I yang ditanamkan pada generasi kedua. Fitur baru tersebut bahkan memperkenalkan mesin yang bekerja secara lebih optimal, baik dari segi performa serta efisiensi bahan bakar lebih baik.

Itulah beberapa pertimbangan dari segi kelebihan maupun kekurangan pada pemilihan bensin dan diesel pada mobil Innova. Keduanya, terbilang efektif dari beberapa aspek meski sisi ekonomi bisa dibedakan. Memilih salah satu dari keduanya bisa langsung melalui dealer dan bengkel resmi Astrido, dealer berpengalaman dengan proses transaksi mudah dan efisien.